PONDOK PESANTREN


Sejarah Berdirinya Pondok 


Yayasan Pondok Pesantren Manba’ul Huda Al Mubarok Sidoarjo merupakan perwujudan perintah dari Romo K.H. Muhammad Ustman Al Ishaqy  al-Maghfur lahu, di pondok Pesanten Jati Purwo Sawa Pulo Surabaya. Sesosok guru dari Romo K.H. Abdul Wahid Misnan untuk mendirikan sebuah Lembaga Pesantren di Desa Kedungrejo Jabon Sidoarjo. Hal ini dimaksudkan untuk menyelamatkan peninggalan dan meneruskan perjuangan para Kyai sesepuh pendahulunya. Sebagai “Murid” yang selalu berusaha ta’dhim dan berkeinginan untuk mendapat ridho dari Gurunya, K.H. Abdul Wahid Misnan hanya pasrah menerima dan melaksanakan perintah gurunya tersebut.
Yayasan Pondok Pesantren Manba’ul Huda Al Mubarok membawahi Madrasah Diniyah, Taman Pendidikan Al Qur’an, Sekolah Menengah Pertama Islam (fullday education), dan Sekolah Menengah Kejuruan (multimedia) MH. Al Mubarok yang seluruhnya terletak di wilayah Kabupaten Sidoarjo, tepatnya di Desa Kedungrejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Lokasi pertama Yayasan Pondok Pesantren Manba’ul Huda Al Mubarok berada di tengah pemukiman penduduk yang tenang dan asri, sehingga kondusif untuk proses belajar mengajar. Yayasan Pondok Pesantren Manba’ul Huda Al Mubarok merupakan pendidikan islam integrative. Pendidikan yang dikembangkan menekankan perkembangan manusia terpadu dan seimbang baik secara intelektual, fisik, moral, emosional dan social berdasarkan sentuhan nilai islam. Penanaman nilai-nilai penting seperti ketulusan, kejujuran, kepercayaan, kemandirian, keunggulan dan tanggungjawab menjadi prioritas utama.
Program Pesantren Manba’ul Huda Al Mubarok menyediakan lingkungan yang aman dengan variasi metode pengajaran dan kurikulum yang relevan dan menantang. Sekolah mendorong dan melatih siswa untuk berfikir kritis, kreatif dan etis, serta mengupayakan semua peserta didik mencapai puncak petensinya masing – masing. Aktivitas belajar mengajar didesain sedemikian rupa untuk mengantarkan peserta didik unggul dalam prestasi dan aktivitas akademik. Melalui bimbingan dari guru dan pemandu yang mumpuni, siswa belajar begaimana mengelola waktu mereka, mengembangkan kepercayaan diri dan menjadi pelajar yang mandiri.
Selain menangani masalah akademik, program Pesantren Manba’ul Huda Al Mubarok mendukung pertumbuhan sosial dan emosional pada peserta didik. Nilai pelayanan kepada masyarakat  yang lebih luas ditekankan melalui keterlibatan siswa secara langsung di masyarakat. Penguasaan bahasa Arab dan Inggris dan kemahiran teknologi informasi adalah jaminan proses pendidikan Pesantren Manba’ul Huda Al Mubarok. Semua siswa lulusan mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan dan tulisan dengan Bahasa Arab dan Inggris, serta berketerampilan tinggi dalam teknologi informasi mutakhir.
Selanjutnya, untuk memaksimalkan niat tersebut maka harus ada sarana dan prasarana yang menunjang pelaksanaannya. Pondok pesantren adalah tempat yang memadai karena pondok pesantren merupakan tempat suci untuk beribadah dab sarana pendidikan dan pengkaderan umat islam yang diharapkan lewat yayasan pondok pesantren Manba’ul Huda Al Mubarok akan lahir manusia kuat keimanan, ketangguhan sosial ekonomi dan ketaqwaannya kepada Allah SWT.